Minggu, 27 Juli 2008

Hati-Hati Download Serial Number, Crack, dan Warez Di Internet

Mungkin sudah banyak tahu, ada juga yang sudah tahu tapi menghiraukannya, atau bahkan banyak yang belum tahu kalau kebanyakan website/blog yang memuat konten ilegal seperti serial number, crack, warez serta MP3 bajakan akan secara diam-diam ‘menularkan penyakit’ kedalam komputer kita melalui browser. Target utama kebanyakan penjahat cyber adalah Internet Explorer, karena browser ini sangat rentan terhadap serangan dan banyak digunakan oleh pengguna Internet.
Sewaktu ingin mendownload di website/blog tersebut biasanya Anda akan diminta untuk mengaktifkan JavaScript. Ada juga yang secara terang-terangan meminta Anda terlebih menginstall ActiveX (sebuah plug-in untuk IE) yang telah disiapkan oleh mereka. Beberapa website lebih pintar menyembunyikannya yaitu dengan menggunakan banyak jendela popup yang membingungkan sehingga menyebabkan terjadi ketidaksengajaan klik untuk menginstallnya.
ActiveX ini akan menjadi sarana komunikasi dan pintu gerbang bagi mereka untuk mengontrol kegiatan Anda juga sebagai sarana penyebaran virus, trojan, maupun malware berbahaya lainnya. Makanya jangan heran ketika Anda diminta menon-aktifkan antivirus terlebih dahulu sebelum bisa mendownload sesuatu. Karena antivirus dan aplikasi security yang hebat seperti Kaspersky Internet Security, akan langsung memblokirnya dan memberikan peringatan kepada Anda tentang bahaya yang mungkin diakibatkan website/blog tersebut

sumber : dhinata.com

Tidak ada komentar: