Minggu, 27 Juli 2008

Winzip 9.0: Kunci File penting Dalam “Bungkusan”


Kenapa rumah perlu dikunci ? Supaya tidak sembarang orang bisa masuk dan dapat dengan leluasa menjamah milik anda termasuk barang-barang berharga milik anda.
Dalam dunia komputer, anda pasti memiliki file-file penting yang anda anggap berharga dan sifatnya rahasia. Kalau file itu jatuh ke tangan orang lain kan bisa berabe, bukan ? Ibarat rumah yang wajib dikunci sehingga bisa melindungi barang-barang yang ada didalamnya, anda perlu juga menggunakan aplikasi yang sanggup mengunci file-file penting anda yang ada di dalamnya.

Untuk itu, coba anda gunakan aplikasi Winzip. Winzip bukan sekedar perangkat lunak yang bertugas untuk membungkus dan memadatkan file-file milik anda, namun program ini memiliki fitur cukup jitu untuk melindungi file-file penting agar tidak terjamah oleh pihak yang tidak berhak membukanya bahkan file-file yang terbungkus tidak bisa dimekarkan ke folder manapun. Lalu bagaimana caranya ?

1. Syaratnya file-file yang akan dikunci sudah terbungkus dalam paket *.zip.
2. Kemudian jalankan aplikasi Winzip melalui [start]>[All Programs]>[Winzip]>[Winzip 9.0].
3. Pada jendela utama klik [File]>[Open Archive…] atau tekan Ctrl + O untuk membuka jendela Open Archive.
4. Cari paket zip yang didalamnya terdapat file-file penting anda yang terkompres. Klik [Open].
5. klik [Actions]>[Encrypt…] atau tekan Shift + Y untuk membuka jendela Encrypt.
6. Terlebih dahulu anda akan dihadapkan dengan kotak dialog yang berisi peringatan agar anda mengetahui lebih banyak mengetahui fitur penguncian file-file pada winzip dengan mengklik tombol [Help]. Namun, Abaikan peringatan dengan klik [OK] untuk melanjutkan ke jendela Encrypt.
7. Langkah selanjutnya, masukkan password dan ketik ulang password pada kotak kedua. Klik [OK].
8. Terlihat sekarang daftar nama file yang berada dalam paket zip diberi tanda bintang itu berarti file tersebut sudah terproteksi. Tutup program winzip dan buka kembali paket zip yang diberi password tadi. Sekarang siapapun orangnya yang mencoba membaca dan memekarkan file-file penting anda yang berada pada paket zip, niscaya sampai beruban tujuh turunan tidak akan bisa melaksanakan niatnya, kecuali anda membeberkan password anda.

Tidak ada komentar: